Kamis, 13 Oktober 2011

Puzzle 1: Luas Poligon

    Kenalkan, agan-agan sekalian. Nama saya Yogi Saputro. Saya adalah orang yang kepalanya kepenuhan ide-ide, entah itu penting atau tidak. Daripada ide itu mengental dalam kepala saya dan akhirnya mengendap menjadi sampah, saya berpikir untuk menumpahkannya ke media lain. Blog ini yang paling mantap nih. Kita bisa tulis ide sesuka hati, syukur-syukur banyak yang suka.
    Oke, postingan pertama adalah tentang puzzle. Saya suka mikir. makanya saya pingin ajak agan-agan pembaca buat ikut mikir, hehehe. Ini murni hasil pemikiran saya, dan semoga tidak kebetulan  repost dengan tulisan orang. Santai saja, dan check this out.
    Ron adalah seorang anak SD yang sangat pandai matematika. Dia telah menjuarai berbagai kompetisi matematika. Semua orang mengagumi kepintaran Ron. Hal ini membuat dia agak besar kepala.
    Suatu kali, datanglah Bima kepada Ron. Bima adalah mahasiswa yang bersahaja dan bijaksana. Dia berkata kepada Ron sambil mengulurkan secarik kertas, "kamu bisa matematika, dik? Aku ingin memberimu tantangan."
    Ron mengambil kertas tersebut. Pada kertas itu terdapat gambar seperti ini:
    "Aku ingin kau menghitung luas gabungan bangun datar itu," lanjut Bima. Ron terdiam sejenak, lalu mengernyitkan dahinya. "Soal ini nggak bisa dikerjakan. Mana mungkin tahu kalau informasinya cuma segitu?" sanggah Ron. Mendengar hal itu Bima tersenyum, "Tentu saja bisa."
    Bagaimana dengan anda sekalian, gan? Bisa tidak mencari luas gabungan poligon di atas?
     Silakan berkomentar. Jawaban puzzle ini akan saya post besok lusa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar