Kamis, 05 April 2012

A Tribute to Chrisye: Daftar Remake Lagu-Lagu Legendarisnya

Tanggal 30 Maret 2007 sang legenda musik Indonesia, Chrisye, telah berpulang kepada Tuhan. Kendati demikian, musiknya tetap abadi. Takkan pernah mati. Saya termasuk usia muda, tapi bener-bener kagum dan ngefans sama lagu-lagu beliau. Takkan tergerus oleh lagu-lagu zaman sekarang yang
mengutamakan backsound elektronik, tampang ganteng/cantik penyanyinya, dan lirik yang sok "up to date" padahal dangkal (no offense yah).

Mungkin banyak rakyat Indonesia, terutama anak2 muda kebanyakan gaul tapi salah informasi, yang belum tahu bahwa lagu-lagu Chrisye yang legendaris itu masih hidup. Artinya, lagu-lagu tersebut telah diaransemen dan diremake dengan nuansa yang lebih modern. Lalu, artis-artis yang menyanyikan juga pasti pada kenal lah sebagian besar. Kalau nggak tahu, googling aja, hehe. Di samping itu, banyak penyanyi terkenal yang menyanyikan lagu Chrisye sebagai bentuk penghormatan (tribute). Itu tidak saya masukkan daftar ini. Hanya penyanyi/ grup band yang memasukkan lagu remake Chrisye dalam album mereka masuk dalam list.

Bagi penggemar Chrisye, list berikut bisa jadi referensi buat nostalgia. Sekaligus mengapresiasi musisi-musisi yang telah melakukan remake lagu beliau. Jujur saja, ada kelebihan dan kekurangan ketika seorang musisi melakukan remake lagu yang dipopulerkan oleh musisi lain. Sebagian besar lagu yang telah diremake kehilangan soul yang terasa dalam banget kalau dinyanyikan Chrisye. Tapi lagu yang baru memang terasa labih segar :). Jadi, kalau mau dengar, klik aja link di judul lagu di bawah. Nanti tersambung ke Youtube bagian lagu aslinya. Sorry ya, saya nggak support download mp3.

Dan.. tanggal 5 April ini akan ada konser Kidung Abadi Chrisye. Saya pengen banget nonton, tapi dana tidak mencukupi :P. Yah, semoga ada yang cukup dermawan untuk mengajak saya. Hehehe.
Alright, that's post for today. Viva music indonesia :D
Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar